mempelajari time out di Kamar Operasi

Kamis, 20 Februari 2014

belajar membuat artikel saat menjadi student stoma


INTIMACY AND THE OSTOMY

Hidup dengan ostomy dapat menyebabkan menyebabkan perubahan psikologis dalam diri seseorang . Salah satu masalahnya adalah  seksualitas dan keintiman bagi ostomate yang sudah memiliki pasangan. Ketika citra diri rusak karena keadaan yang tidak menguntungkan seperti terpasang stoma, biasanya  seseorang akan menarik diri  dan stress dan  merasa tidak berharga .

Itu adalah reaksi alami ,
perasaan tidak mampu, dan perasaan tidak diinginkan atau . Namun memiliki ostomy seharusnya tidak membatasi aktivitas seksual manusia . Melalui proses penyembuhan kembalinya energi dan kekuatan akan mendorong seseorang untuk menjadi aktif secara      seksual lagi.

Memahami satu sama lain dan berbagi
perasaan  penting untuk menjaga hubungan dengan pasangan pada ostomate . Komunikasi adalah kunci dalam setiap jenis hubungan dan dengan cara yang luar biasa membuka jalan kembali ke kesejahteraan suatu ostomate dan pasangan mereka .

Pada Ostomate yang sudah menikah , maka pasangan ikut berperan dalam mengambil keputusan untuk  tindakan pembuatan stoma dan stomata dan pasangan akan mengerti segala perubahan yang akan terjadi setelah operasi. Dengan  asdar kepercayaan telah  dan dengan  kejujuran dan keterbukaan pikiran . Ini akan membantu ostomate menjalani masa pemulihan dan fase

Namun, jika 
ostomate yang baru  masuk ke dalam suatu hubungan baru yang sedang menuju keintiman maka dengan mengungkapkan  atau memberitahu calon pasangan  tentang hal itu adalah penting sebelum aktivitas seksual menjadi sebuah kebutuhan . Ini adalah keputusan  yang baik untuk membina sebuah  hubungan bagi pasangan tersebut . Dengan informasi yang ostomate berikan tentang masalah kesehatan ostomate maka calon pasangan akan mengerti dan dapat menerima serta member support pada tahap tahap selanjutnya, .Dengan mengatakan jujur " Aku memiliki penyakit atau penyakit yang memerlukan operasi pada usus saya dan perubahan terhadap tubuhku . usus saya sekarang dialihkan ke luar dari perut saya atau perut , yang disebut ostomy . operasi itu menyelamatkan hidup saya dan memungkinkan saya untuk hidup sehat lagi. "
Ada beberapa cara untuk  ostomate agar dapat membantu memberikan kenyamanan untuk ostomate itu sendiri dan pasangannya, antara lain  :
      1.            Melakukan irigasi colon sebelum melakukan hubungan intim
      2.            Dengan menggunakan mini stoma khusus dengan kapsitas bag yang lebih sedikit setelah   irigasi   dilakukan.
      3.            Bisa mengunakan pita pengikat pada pouches untuk menghindari pouches terlepas saat berhubungan seksual
      4.            Menggunakan pakaian crotchless/ketat untuk meningkatkan rangsangan atau Cummerbunds dan halter - atasan tanpa tali juga digunakan untuk menyembunyikan pouch stoma.
      5.            Mengkombinasikan dengan music yang bisa meningkatkan gairah seksual.


Ber
komunikasi  dengan  ostomet lain  yang memiliki masalah seksual mungkin membangun lebih percaya diri jika ada ostomate lain yang belum mau  mendiskusikannya dengan orang lain karena malu . ostomate  yang sudah mendapatkan aktivitas intimasi yang baik  dapat saling         berbagi            dengan           ostomate          lain .

Pada akhirnya, hal ini dapat  membuat ostomate merasa aman dengan kondisi  mereka dan tetap memiliki daya tarik  seksual dan  membuat mereka ingin disentuh dan dicintai . sehingga   harga diri dan dorongan seksual akan kembali . Kesabaran jelas merupakan suatu yang penting untuk           menghadapi     hal       ini.

Sumber            :
http://www.uoa.org/ostomy_facts.htm


Tidak ada komentar:

Posting Komentar